Friday, October 14, 2016

keistimewaan petugas kebersihan masjid

    
Secara fisik,masjid adalah bangunan biasa yang terdiri dari lantai, dinding, tembok, atap,namun, secara spiritual, masjid merupakan poros nadi bagi umat islam, Masjid merupakan rumah Allah dan menjadi tempat pertemuan sakral antara makhluk dan sang pencipta. Oleh karenaitu, memelihara dan menjaga kebersihan masjid menjadi hal yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab kita semua sebagai umat muslim.

    Lalu, apa keutamaan menjaga dan memelihara masjid ? dalam sebuah kisah, diceritakan bahwa pada zaman Rasulullah saw., ada seorang nenek renta dan miskin yang selalu membersihkan masjid. Ia tidak pernah melewatkan hari-hari tanpa membersihkan masjid, dia adalah Ummu Mahjan, wanita berkulit hitam pada zaman Rasulullah.

   Suatu hari, Rasulullah berziarah ke salah satu makam dan melihat sebuah makam yang sangat baru. Rasulullah kemudian bertanya,  " Kuburan siapakah ini,wahai para sahabat ? "  para sahabat yang hadir menjawab," ini kuburan Ummu Mahjan ya Rasulullah."mendengar berita tersebut, Rasulullah pun menangis,lalu beliau menyalahkan para sahabatnya. "mengapa kalian tidak memberi tauhu kematiannya kepadaku supaya aku menshalatinya ?"para sahabat menjawab,  "ya Rasulullah, saat itu matahari sedang terik"

    Rasulullah diam saja mendengar jawaban para sahabatnya.. Beliau lalu berdiru dan shalat untuk jenazah yang sudah beberapa lama ditanam itu. lalu beliau shalat diatasnya. lalu beliau berkata " bila ada diantara kalian yang meninggal dunia, beritahu aku agar aku menshalatinya. shalatku itu akan menjadi syafaat bagi umatku diakhirat kelak."

   Setelah berkata demikian,Rasulullahpun memanggil Ummu Mahjan dari atas kuburnya." Assalamu'alaikum ya Ummu Mahjan, ! pekerjaan apa yang paling bernilai dari daftar amalmu ?" Rasulullah pun diam sejenak.   Tidak lama kemudian, Rasulullah pun berkata "ia menjawab, bahwa pekerjaannya membersihkan masjid Rasulullah adalah pekerjaan yang paling bernilai di sisi Allah. Allah swt. berkenan mendirikan rumah baginya dan untuk nya disyurga dan kini dia sedang duduk didalamnya"

       Itulah keistimewaan orang-orang yang selalu membersihkan masjid dengan penuh keikhlasan. Mereka akan dibangunkan Rumah oleh Allah yang akan ditempatinya di hari kiamat kelak  Tentang halini Rasululah saw bersabda :  BARANG SIAPAYANG MENGELUARKAN KOTORAN DARI MASJID, MAKA ALLAH AKAN MEMBANGUNKAN RUMAH UNTUKNYA DISYURGA" (HR.IBNU MAJAH)

 Selain itu, orang yang suka membersihkan masjid jida dapat mengantarkannya padanya kasih sayang Allah dan kasih sayang Rasulnya. Jika kita semua diperlihatkan dengan pahala dan hadiah yang menanti (rumah di syurga ) untuk mereka yang sering membersihkan maskid seperti kisah Ummu Mahjan,pasti kita akan berebut untukmembersihkan masjid.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

keajaiban alquran

24 Pemberitahuan Pengaturan Akun Orang yang Mungkin Anda Kenal Lihat Semua Orang yang Mungkin Anda Ken...