Tuesday, July 25, 2017

hukum mengatakan ah kepada orang tua

pada Al-Quran di jelaskan dalam surat Al-issra ayat 23 yang berbunyi sebagai berikut :
و قضي ربك ألآ تعبدوا ألآ اياه و بالولدين احسَناً إما يبلغن عندك الكبر احدهما أو كلآهما فلآ تقل لهما أفّ ولآ تنهر هما وقل لهما قولآ كريماً ( الأسري :23)
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia[850].
[850]. Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.
Maha suci allah yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah yang kemudian ia sempurnakan menjadi seorang manusia dan menjadikannya sebagai wakil atau khalifah di muka bumi ini. Allah SWT senantiasa menuntun hambanya agar selalu menjauhi segala kejelekan karna itu Allah menurunkan wahyunya berupa kemukjizatan Nabi Muhammad SAW berupa Al-quran.
Ayat Al-quran di atas merupakan bentuk dari kasih sayang Allah kepada kita, IA senantiasa mengingatkan kita agar selalu berbakti kepada orang tua yang telah merawat, menjaga dan membesarkan kita dari kecil hingga dewasa. Orang tua yang senantiasa dalam sholatnya mendoakan kita. Maka sudah seharusnyalah kita sebagai anak juga harus mendoakan mereka dan tidak menyakiti hati mereka. Sebagaimana yang di terangkan ayat di atas kita tidak boleh mengatakan “AH” kepada orang tua apalagi hendak memukul mereka, Meninggalkan mereka di panti jompo, apakah itu balasan kasih sayang yang mereka berikan ketika kita masih dalam buaian dan masih dalam rahim ibu?
“وتواصوا بالحق و تواصوا بالصبر” saling ingat-mengingatkan dalam kebaikan dan saling ingat-mengingatkan dalam kesabaran.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

keajaiban alquran

24 Pemberitahuan Pengaturan Akun Orang yang Mungkin Anda Kenal Lihat Semua Orang yang Mungkin Anda Ken...